Bank Syariah Mulia Gait Hebitren : MoU untuk Kemandirian Pesantren di Level Terbaru :

Penulis : Fathimah Aditya

Jakarta – Bank Syariah Mulia resmi menjalin kemitraan strategis dengan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) yang berlangsung di Hotel Bidakara, pada saat acara Pelantikan Pengurus Hebitren DPW dan DPD Se-Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Kerja sama ini dirancang untuk meningkatkan kemandirian pesantren melalui akses keuangan syariah, pemberdayaan ekonomi, serta pengembangan produk dan layanan syariah.

Dalam acara tersebut, Drs. Heru Budi Hartono, Pj Gubernur Provinsi Daerah Khusus Jakarta, menyampaikan pentingnya peran pesantren dalam perekonomian Indonesia. “Pesantren memiliki potensi besar untuk naik ke level berikutnya dalam kegiatan perekonomian. Mereka sangat terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai entitas, sehingga dapat memperluas kebermanfaatan dan memberikan pelatihan kepada santri untuk meningkatkan jiwa wirausaha serta mentalitas untuk menghasilkan karya terbaik,” ujar Heru.

Bank Syariah Mulia melihat MOU ini sebagai langkah penting dalam memperkuat kolaborasi strategis dan memberikan inovasi produk serta layanan syariah yang lebih luas kepada pesantren. Tujuannya adalah untuk mendorong kemandirian usaha di kalangan pesantren dan meningkatkan kualitas hidup para santri.

Melalui kolaborasi ini, Bank Syariah Mulia memberikan kesempatan bagi pesantren yang tergabung dalam Hebitren DPW Provinsi DKJ dan DPD Se-DKJ untuk menjalin kemitraan dengan Amani Group, dengan model teh iketan yang sudah dilengkapi dengan skema bagi hasil antara pesantren dan investor. Ini memberikan proyeksi pendapatan yang jelas serta transparan bagi kedua belah pihak, sekaligus memperkuat fondasi ekonomi pesantren.

Dengan kerjasama ini, Bank Syariah Mulia dan Hebitren berharap dapat mendorong pesantren di Jakarta untuk naik ke level berikutnya dalam kegiatan perekonomian, memberikan dampak yang signifikan baik bagi para santri maupun masyarakat luas. Ini adalah langkah besar menuju kemandirian ekonomi pesantren, didukung oleh inovasi produk dan layanan keuangan syariah yang terpercaya.